Suara Berdecit Pada Mobil, Jangan Dibiarkan!

Bila muncul suara aneh berdecit sewaktu menginjak pedal rem dapat mengurangi kenyamanan mengendarai mobil. Hal itu dapat timbul karena bagian rem kotor hingga mesti segera dibersihkan.

Beberapa pemilik mobil masih cuek dengan perawatan kaki-kaki ini. Bila rem berdecit dibiarkan terus menerus, maka berefek membuat cakram dan kampas jadi tipis. Komponen diseputar rem cakram bisa juga melenting dikarenakan suhu panas terlalu berlebihan akibat gesekan di antara komponen. ASURANSIKU.id sebagai asuransi mobil online terpercaya memberikan tips bagi pemilik mobil yang mobilnya berdecit

Pemilik mobil wajib mengetahui penyebab rem mobil berbunyi decit oleh karena adanya tumpukan kotoran berkerak seperti residu atau debu oli pada cakram serta tromol. Oleh Karena itu, menghilangkan bunyi decit bukan hal yang sulit. Pengendara mobil hanya memeerlukan bersihkan cakram, tromol, serta komponen lain di seputar roda mobil.

Peralatan yang dibutuhkan terbilang simpel untuk membersihkan bagian rem. Si empunya mobil dapat menyiapkan kunci roda, lap, dongkrak, kuas halus, serta cairan spesial untuk pembersih rem. Bila sudah lengkap, pemilik mobil dapat membersihkan cakram serta tromol. Di bagian cakram, bersihkan ban memakai kunci roda. Sebelum itu dongkrak body mobil untuk mengganjal bagian roda.

Bila sudah terlihat, semprotkan pembersih rem mobil sampai merata. Jarak semprotan cakram dan brake cleaner kurang lebih 10-15 cm. Semprot hingga merata supaya piringan cakram  sudah merontokkan kerak membandel. langkah selanjutnya, keringkan dan bersihkan sisa-sisa kotoran pada cakram rem tersebut.

Setelah cakram bersih, lanjut dengan tromol. Caranya hampir sama, hanya saja tromol harus dilepas dari rumahnya. Cara melepas tromol bisa diketok menggunakan palu secara hati-hati untuk mempermudah. Setelah terlepas, bersihkan tromol dengan kompresor jika ada. Atau gunakan kuas halus yang sudah disiapkan. Bila debu sudah menghilang, semprot brake cleaner agar hasilnya maksimal. Setelah melakukan kedua hal tersebut, pemilik mobil bisa langsung memasang kembali bagian kaki-kaki mobil. Pengemudi kendaraan beroda empat dapat mencoba apa rem masih berbunyi decit setelah melakukan pembersihan ini.

ASURANSIKU.id sebagai asuransi mobil online terpercaya memberikan produk asuransi yang menjamin mobil dari kerusakan baik karena kecelakaan, mobil terbakar, atau mobil terendam banjir.

Suara berdecit mobil
Advertisements