Tampilan Baru Grafik Statistik Pengunjung Di WordPress, Lebih Informatif!

Brosis, salah satu motivasi untuk terus menggali ide, memeras otak dan mem-push kemampuan menulis saya sehingga menghasilkan sebuah artikel (walau masih asal-asalan) adalah ketika melihat angka-angka di stats blog wordpress. Nah, ngomong-ngomong tentang page view statsitik kunjungan (hits) di wordpress, jika diperhatikan ternyata ada sedikit perubahan pada tampilan grafik. Bukan perubahan jenis grafik, tetapi keterangan yang diselipkan di grafik statistik pengunjung itu yang lebih informatif. Coba perhatikan gambar grafik batang statistik hits blog saya berikut (angkanya sengaja dihilangkan, sedikit soalnya hehehehe…)

Grafik Batang statistik Pengunjung di WordPress Terbaru
Grafik Batang statistik Pengunjung di WordPress Terbaru

Ada dua bagian dari grafik batang yang menunjukkan penampakan yang berbeda. Pada grafik bagian kanan, terdapat dua warna yang menghiasi, warna abu-abu kebiruan khas wordpress yang menyelingkupi sebuah warna biru gelap. Bandingkan dengan grafik yang berada di kelompok sebelah kiri yang hanya terdiri dari satu warna.

Ternyata, wordpress memberikan sentuhan informatif yang manis di tampilan statistik pengunjung untuk versi terbarunya ini. Warna abu-abu kebiruan menunjukkan jumlah views blog kita, sedangkan warna yang lebih gelap adalah data visitors. Jujur, saya masih belum paham apa perbedaan antara views dan visitors. Apakah views berarti pengunjung yang hanya melihat blog kita dari luar, sedangkan visitors adalah pengunjung yang telah melihat-lihat bagian dalam blog kita? Kalau dianalogikan, apakah view itu orang yang melihat rumah kita dari jalan dan visitors adalah orang yang bertamu ke rumah kita, apakah analogi itu sama? brosis ada yang bisa menjelaskan?

Namun, yang pasti angka pada visitors selalu lebih kecil dari angka pada views. C’mon WordPress teruslah menjadi semakin baik!

Silahkan dikoreksi dan dikomentari, semoga bermanfaat!

Advertisements

7 Comments

Comments are closed.