Tarik Tuas Kopling…Baru Nyalakan Motor!

 

Tidak sedikit pemilik motor yang masih awam tentang perawatan motornya, tidak terkecuali saya sendiri. Motor seperti halnya tubuh kita, perlu perawatan dan pemeliharaan yang tepat untuk menjamin kontinuitas pemakaian dan kesehatan. Nah, Ini sedikit tips untuk pemilik motor Yamaha Scorpio series, lebih tepatnya untuk sepeda motor yang mengaplikasikan jenis kopling basah.

Kopling Basah

Umumnya sepeda motor itu memiliki jenis kopling basah, dimana pelat-pelat kopling terendam di dalam oli. Olipun melumasi daerah antara pelat kopling, sehinggaĀ saat motor dalam keadaan diam, pelat pelat kopling besar kemungkinan dalam keadaan menyatu karena lengketnya oli. Jadi, ketika akan menyalakan motor tekanlah tuas kopling sekitar 30 detik untuk merenggangkan/memisahkan pelat-pelat kopling dan membiarkan oli masuk di antaranya (motorcycle-glossary.com).

Nah, jadi teringat ada iklan pelumas mobil yang dalam kalimatnya mengatakan bahwa kerusakan dan keausan mesin sebagian besar terjadi pada fase pemanasan mesin yang biasanya di pagi hari. Mungkin salah satu penyebab kerusakan itu ya seperti kasus di atas.

Jadi, mari kita sayangi motor kita dengan mencari tahu sebanyak mungkin tentang informasi motor tunggangan kita. Semoga bermanfaat!

Advertisements

15 Comments

  1. sudah ane terapkan dari dulu bro,sejak ganti handle kopling variasi.ane tetp narik kopling,takut masuk gak terpantau apalagi klo dibawah panas matahari.
    nice info

  2. sudah ane terapkan dari dulu bro,sejak ganti handle kopling variasi.ane tetp narik kopling,takut gigi masuk gak terpantau apalagi klo dibawah panas matahari.
    nice info

  3. kk carikan dong gue situs untuk lihat komponen” kopling sekaligus cara kerja dan gambar nya siapa yang tahu kasih tahu ya pleaseeeeeeeeeeeeee!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

Comments are closed.