Tunaiku Tawarkan Pinjaman Online Aman dan Fleksibel

tunaiku pinjaman online

Tren pinjaman online semakin meningkat seiring kemudahan yang diberikan. Namun pinjaman online seperti apa yang tidak hanya mudah, cepat tapi juga aman bagi masyarakat?

Tingginya minat masyarakat terhadap pinjaman online karena proses pengajuan melalui aplikasi pinjaman online sangat mudah dan tidak ribet. Selain itu, proses pencairannya juga cepat bila dibandingkan dengan proses pengajuan pinjaman di perbankan.

Namun, kondisi ini memunculkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Banyak bemunculan aplikasi pinjaman online yang abal-abal dengan tujuan utama menyedot dana nasabah dengan persentase bunga yang sangat tinggi. Pinjaman online seperti ini bisa dipastikan tidak terdaftar di OJK (Otoritas Jasa keuangan) sebagai lembaga resmi negara yang mengawasi lalu lintas keuangan.

Aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK ini akan sangat merugikan nasabah. Karena bunganya yang tinggi, melebihi maksimal bunga pinjaman online, sebesar 0,8%/hari. Selain itu, proses penagihan oleh aplikasi pinjaman online juga sering dilakukan dengan kasar.

Sehingga, prioritas utama bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa aplikasi pinjaman online adalah Aplikasi Pinjaman Online tersebut sudah terdaftar di OJK.

tunaiku pinjaman online

OJK sendiri telah membuat beberapa kriteria bagi aplikasi pinjaman online yang beroperasi di Indonesia. Berikut Kriteria Pinjaman Online Uang Online OJK:

1. Terdaftar OJK

Di Indonesia, OJK tidak memberi ruang bagi pinjaman online yang tidak terdaftar di mereka. Hal itu dilakukan demi regulasi dan perlindungan konsumen. Maka, bagi siapapun masyarakat yang hendak menggunakan jasa aplikasi pinjaman online, hal utama yang harus diprioritaskan adalah telah terdaftar di OJK.

Mengapa? karena dengan terdaftar di OJK berarti lembaga atau aplikasi pinjaman online tersebut telah memiliki badan hukum yang jelas. Ini akan berdampak pada kepatuhan mereka menjalankan regulasi atau aturan main yang telah digariskan oleh OJK. Ujung-ujungnya masyarakat sebagai nasabah akan terjamin keamanannya.

2. Layanan Pelanggan Jelas dan Mudah Dihubungi

Kendati mengandalkan teknologi, pinjaman uang online harus punya layanan pelanggan yang jelas dan mudah dihubungi. Ini penting karena jika terjadi masalah nasabah bisa dengan cepat menghubungi penyelenggara dana pinjaman online. Ini berarti contact center wajib tersedia.

OJK memang mengharuskan penyelenggara pinjaman online untuk wajib menyediakan layanan untuk menyelesaikan komplain nasabah. Sayangnya, contact center bukan berarti harus menyediakan nomor telepon, namun bisa juga berarti e-mail atau chatbox. Nasabah disarankan untuk memilih pinjaman online yang menyediakan nomor telepon fixed line karena mudah dihubungi.

3. Transparan

Di dunia pinjaman online, transparansi berarti calon nasabah mendapatkan informasi yang jelas dan akurat tentang hak dan kewajiban mereka saat melakukan transaksi.

Calon nasabah selayaknya bisa mengetahui dengan jelas dan transparan di depan, sebelum pinjaman dana disetujui, soal berapa bunga, jatuh tempo dan biaya- biaya terkait lainnya. Sehingga mereka mengerti soal potongan – potongan biaya yang dibebankan saat pencairan dana pinjaman uang online tanpa jaminan.

Salah satu cirinya adalah aplikasi pinjaman online menyediakan “kalkulator” di halaman depan. Dengan begitu nasabah sudah bisa mengetahui dengan jelas berapa jumlah dana pinjaman yang bisa diajukan, berapa biaya atau bunganya dan berapa lama tenor serta tanggal jatuh tempo.

4. Mudah Cek Status Pinjaman

Nasabah sangat berharap pengajuan pinjaman mereka bisa segera dicairkan. Namun, meski menawarkan embel-embel ‘langsung cair’, nyatanya tidak semua pinjaman online bisa dengan cepat dicairkan.

Oleh karena itu, penyelenggara pinjaman online harus menyediakan fitur cek status pinjaman sehingga calon nasabah bisa mendapatkan kepastian nasib pengajuan pinjaman mereka. Apakah statusnya masih dalam proses, ditolak atau disetujui.

Selain itu, kemudahan untuk mengetahui status pinjaman menunjukkan keseriusan perusahaan pinjaman uang online terpercaya dalam melayani nasabah.

Nah, itu adalah 4 kriteria yang disyaratkan oleh OJK bagi penyelenggara pinjaman online. Lalu, bagaimana untuk mengetahui apakah aplikasi pinjaman online tersebut sudah terdaftar atau belum di OJK?

Cara Cek Perusahaan yang Terdaftar di OJK

Untuk tahu apakah perusahaan pinjaman online terdaftar di OJK, maka caranya adalah:

  1. Kunjungi situs OJK, disana terdapat daftar pinjaman online resmi
  2. Lihat di situs pinjaman online resmi, ada logo OJK di bagian bawah

Salah satu penyelenggara pinjaman online yang telah cukup lama eksis dan telah terdaftar di OJK adalah Tunaiku.

Tunaiku

Tunaiku merupakan salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Tunaiku salah satu produk dari Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991. Tunaiku dan Amar Bank juga berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group sehingga terjamin keamanannya.

tunaiku pinjaman online

Dengan visi Tunaiku untuk memberikan layanan kredit tanpa agunan yang mudah, aman, terpercaya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang tidak hanya ingin, tapi juga butuh dana tunai tanpa jaminan langsung cair untuk memenuhi kebutuhan mendesak untuk modal usaha, renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya pernikahan hingga biaya kesehatan yang tak terduga.

Tunaiku menawarkan dua kelebihan dibanding aplikasi fintech lain, yakni keamanan dan fleksibilitas. Tunaiku berdiri di bawah naungan institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga dari segi keamanan data nasabah tidak perlu diragukan lagi.

Untuk fleksibilitas, Tunaiku juga cukup berbeda karena menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah berbeda dengan situs fintech yang lebih banyak memberikan limit kecil dan tenor pendek. Dengan modal KTP, hanya butuh 10 menit untuk mencairkan dana pinjaman Anda.

Nah, buat teman-teman yang terdampak pandemi kali ini dan butuh dana cash dan cepat, misalnya untuk bayar cicilan motor, maka Tunaiku bisa menjadi solusi aman dan fleksibel.

Advertisements