Terendam Banjir, Mobil Hybrid Rentan Rusak

mobil hybrid rentan rusak

Dibanding kendaraan bermesin konvensional, komponen mobil hybrid lebih banyak. Hal ini disebabkan mobil hybrid adalah gabungan mesin konvensional dengan tenaga listrik yang berasal dari baterai.

Bagaimana seandainya bila mobil hybrid terendam banjir? Bagian mana saja mudah rusak? Tentu saja hal itu tidak ingin terjadi, tapi andaikan terlanjur terjadi, begini tipsnya.

Asuransi mobil dan motor online terbaik dari ASURANSIKU.id menyebut risiko kerusakan mobil hybrid selepas kerendam banjir, hampir sama yang terjadi pada umumnya dengan mobil lain. Misalnya kerendam nyaris setengah, komponen mobil di bagian setengah kendaraan roda empat ke bawah dapat terkena masalah.

ASURANSIKU.id menjelaskan, bagian mobil bertenaga hybrid yang paling berisiko rusak meliputi beberapa komponen listrik yang terendam seperti sensor-sensor bagian roda serta knalpot, alternator, dan transmisi.

Khususkan pada kendaraan roda empat hybrid, perlu diperhatikan bagian battery hybrid sebab biasanya terletak di lantai mobil. Sensor battery termasuk relaynya, serta bagian motor listrik yang terletak di dekat transaxle. Komponen ini rawan rusak bila terlalu lama kerendam.

Sementara bagian inverter hybrid fungsinya juga sangat vital, terbilang aman sebab letaknya pada bagian atas mesin. ECU serta sistem kontrol lainnya termasuk alarm juga masih aman.

Bila mobil hybrid itu tergenang air untuk waktu yang lama. Baterai hybrid masih tetap aman sebab agak tertutup cover. Namun bila kerendemnya hingga berhari-hari, dapat juga terjadi kerusakan.

mobil hybrid rentan rusak
Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.