Ternyata Memanaskan Motor Masih Diperlukan!

image

Sebenarnya perihal memanaskan mesin motor sebelum digunakan masih sering menjadi perdebatan. Ada yang bilang memanasi mesin harus dilakukan sebelum digunakan namun tidak sedikit pula yang menganggap hal itu tidak perlu dan sebuah pemborosan. Lalu, sebenarnya memanasi mesin motor itu perlu tidak sih?

Jawabannya masih perlu, tapi dengan sejumlah catatan. Di masa teknologi motor masih karburator, pemanasan mesin mutlak diperlukan terutama do pagi hari setelah sekian jam motor mati di malam hari. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan kondisi ideal bagi pelumasan mesin sebelum digunakan. Selain itu, pemanasan mesin di motor karburator perlu dengan menarik handle gas agar kondisi panas mesin ideal bisa segera didapat. Makanya, jangan heran jika brosis menemukan di pagi hari tetangga sebelah geber-geber motornya yang masih karburator.

Lalu, apakah dengan teknologi fuel injection (FI) masa kini pemanasan mesin masih harus dilakukan? Jawabannya juga masih perlu. Tapi, perlakuannya beda. Untuk motor-motor berteknologi FI, pemanasan mesin cukup dilakukan 30 detik atau maksimal 60 detik dan cukup dalan kondisi gas stasioner alias gak usah digeber-geber. Sia-sia brosis!

Sebab, di teknologi FI sudah ada yang namanya Engine Control Module (ECM). ECM sudah mengatur kebutuhan bahan bakar untuk mesin, hingga menentukan panas mesin. Jadi, tidak perlu lagi manasin mesin berlama-lama atau geber-geber gas saat pemanasan. Kasian tetangga sebelah yang punya bayi masih tidur pagi. Pemanasan di motor injeksi lebih ke memberikan waktu bagi oli untuk bersirkulasi melapisi komponen-komponen logam yang ada di jeroan mesin.

Salah satu tanda bahwa mesin motor injeksi tidak perlu lagi pemanasan berlana-lana dan geber-geber gas adalah sudah hilangnya tuas choke. Tuas choke di motor karburator diperlukan untuk membantu motor yang sulit dihidupkan setelah sekian lama mati. Di motor injeksi, choke tidak lagi diperlukan sebab sudah digantikan sensor di ECM yang berfungsi mendeteksi suhu mesin.

Jadi, kesimpulannya memanasi mesin motor lama ataupun baru masih diperlukan, namun intensitas dan perlakuan pemanasanlah yang berbeda.

Sumber

Advertisements

Comments are closed.