Tertarik Mencoba Pertamina Enduro 4T Buat Sipio, Bagus Gak Ya?

Enduro 4T SAE 20w-50
Enduro 4T SAE 20w-50

Lagi ingin bereksperimen lagi dengan oli sipio nih brosis. Setelah cukup lama “hanya” menggunaan oli bawaan alias Yamalube SAE 20w-40, RA mendengar beberapa penuturan teman-teman yang menggunakan berbagai oli. Salah satu yang lumayan sering RA dengar ungkapan kepuasan terhadap oli adalah merk Enduro, kepunyaan Pertamina. Tarikan yang enteng, bikin mesin lebih halus suaranya hingga bikin motor lebih “nendang” performanya adalah beberapa review positif tentang oli produksi perusahaan plat merah ini. So, RA jadi tertarik untuk mencobanya.

Beberapa waktu lalu, Sipio memang sempat RA jadikan “kelinci percobaan” untuk berbagai jenis oli. Masih ingat ketika menggunakan oli castrol, sensasi awal pemakaian yang menurut RA sangat bagus, namun sayangnya itu hanya terjadi sampai 500-700 km pertama, selebihnya terlihat oli “ngos-ngosan” dalam melumasi jeroan sipio. Suara mesin jadi kasar, ketika riding nonstop 2-3 jam terasa sekali dropnya. Kemudian, sempat beralih ke oli bm1. Lumayan lama juga RA pakaikan bm1 SAE 10w-40 pada sipio, overall cukup memuaskan. Namun, “tragedi” salah pilih SAE 10w-30 membuat RA rada “trauma” dengan merk tersebut (padahal ini jelas kesalahan RA yang tidak teliti membaca spek oli), alhasil RA kembalikan Yamalube ke “jantung” sipio.

enduro 4TNah, kali ini Sipio sudah memasuki milleage 2000 km, artinya sudah waktunya ganti oli. Mumpung sudah waktunya ganti oli, ditambah impresi-impresi keunggulan Pertamina Enduro 4T, jadi pengen mencobanya. Brosis yang sudah pernah menggunakan oli Enduro ini, adakah pengalaman yang bisa dibagikan di sini, buat diskusi dan bahan pertimbangan RA sebelum benar-benar yakin untuk menggunakannya. Maklum, harga si Enduro ini mencapai 40 ribu rupiah, lumayan menguras kantong jika dibanding yamalube, padahal sekali nenggak sipio butuh 1,2 liter. Oh iya, untuk Enduro disini ada dua jenis, yaitu Enduro 4T SAE 20w-50 dan Enduro 4T Racing dengan spek yang tentunya berbeda. RA lebih prefer ke Enduro 4T biasa karena sesuai dengan spek oli standar sipio, SAE 20w-50.

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Advertisements

28 Comments

  1. saya pake yang enduro racing om, ini menginjak ganti oli ke 2, dulu yang pertama saya isi 1,2 liter (mungkin kurang dikit) karena ngisinya cuma berdasar ukuran yang di botol, gak pake bejana ukur, masih beberapa kali selip kopling, untuk riding jarak jauh mesinnya gak sepanas pas make yamalube. Untuk penggantian ke2 ini saya sengaja lebihin dikit (lebih dari 1,2 liter), sejak hari pertama ganti sampai hari ini kurang lebih 200KM belum selip lagi trus diajak lari sampai 120 juga masih enak

  2. saya juga tertarik pakai enduro, tapi belum pernah pake sampe sekarang. maklum disini harganya diatas 40rb. sekarang masih pakai oli yang harganya dibawah 30rb :mrgreen:

  3. cm share pengalaman aja bro, oli dg SAE10-40 tarikan enak enteng banget tp kl jarak jauh efek nya panas kopling gampang slip, kl oli sae 20-50 tarikan berat tapi untuk jarak jauh mesin adem, kl saya disuruh milih u pemakaian kadang dekat kadang jauh, ane pilih yg SAE 15-50 tarikan ga berat2 amat untuk jarak jauh tinggal betot gas sesuka hati 🙂

  4. pernah nyoba di bebek..cuma enak untuk beberapa saat aja..1000 km-an lah…habis itu malah tarikan berat..
    coba BM1 deh mas…atao deltalube.. 🙂

    • deltalube oli ejaib, dipake 3000km masih merah gak hitam, hekekekek, tapi ya itu, yg bagus botol biru 50.000

  5. kalo enduro 4T racing memang terasa bedanya, mesin terasa enteng tarikannya, tapi kadang mesin berisik karena olinya encer, ada bau permen karet juga, wangiiiii..
    sedangkan enduro 4T biasa (tanpa racing) ane pernah coba tapi gak merasakan bedanya dengan oli 20-50 lainnya.

  6. Oli enduro racing dia ga bikin kerak didalem mesin gan
    Pengalaman ane sewaktu belah mesin pas dibuka blok kopling bening kinclong gan

    Oli berwarna dan wangi oli yg kaya gini yg susah buat dibajak atau dipalsuin gan

  7. Supra ane dulu pakai mpx tapi kopling slip terus,begitu penggantin oli yang ketiga ane langsung ganti enduro racing,tarikan mantap ringan,sampai sekarang ane tetap percaya enduru,,,,,,,,tp harganya sekarang 43 ribu gan,,,,tp mesin dijamin beersih kinclong prodak dlm negeri kualitas exspor.

  8. Bro bagi yg mau beli pelumas enduro, bisa beli ke ane, lgsg ambil dr distributor, dijamin asli
    enduro 4t 0.8 ltr Rp. 26.000,-
    enduro 4t 1 ltr Rp. 30.000,-
    enduro racing Rp. 38.000,-
    enduro matic 0.8 ltr Rp. 31.500,-
    enduro matic 1 ltr Rp. 36.000,-
    *harga belum termasuk ongkir
    untuk fast respon hub. 085 733 346 354

  9. untuk new vixion cocok banget nih enduro 4T Racing..mesin halus tarikan enteng, tidak slip kopling.

1 Trackback / Pingback

  1. Enduro 4T Untuk Sipio, Yang Racing Menyusul! | RiderAlam - blog e Karis

Comments are closed.