Top Speed R15 Turun Justru Saat Part Standar Dilepas

image

Rideralam.com – Dalam balapan atau test balap sebuah motor dan pembalap menjadi satu kesatuan. Pun demikian antar part-part motor juga menjadi faktor penentu kecepatan si kuda besi. Seperti yang dilakukan Mr. Testo dari otomotifnet saat menguji R15 di Sentul beberapa waktu lalu.

Seperti biasa, banyak hal yang bisa dinilai dari sebuah test produk baru. Namun, yang menarik adalah tentang top speed R15 saat pengujian ternyata lebih rendah dari test R15 beberapa waktu sebelumnya, padahal saat itu R15 yang digunakan merupakan versi standar. Kala itu top speed mencapai 133 kpj, saat ini 130 kpj.

Usut punya usut ternyata pada test R15 terkini cukup banyak copotan-copotan part dari R15, terutama yang menjadi sorotan adalah dilepasnya headlamp. Hal ini membuat hambatan angin tidak mulus terbelah. Muncul turbulensi dibalik fairing. Padahal, jika dipikir secara logika, banyaknya part-part yang dicopot akan membuat bobot motor lebih ringan sehingga PWR lebih besar dan seharusnya motor lebih kencang.

Jadi, buat brosis yang pengen tampilan motornya racy dan buat adu kebut (di sirkuit tentunya), copotan part-part motor bukan jaminan motor jadi lebih kencang. Seperti kasus di atas malah membuat motor berkurang top speednya. Melepas part motor juga ada dasar ilmunya ya hehehe….

Baca Juga:
[display-posts tag=r15]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Contact me on:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +628 77 1 2727 000

Advertisements

Comments are closed.