Apa Saja Yang Baru di MotoGP 2020?

MotoGP musim 2020 tidak lama lagi akan mulai menghiasi televisi nasional tanah air. Sebagai bekal mengikuti persaingan para pembalap, kita tengok sejenak apa saja yang baru di MotoGP 2020.

Ada beberapa hal yang baru di musim ini. Sejumlah perubahan kecil akan ditetapkan untuk musim depan. Kecil tapi penting. Tujuannya tentu saja agar kompetisi MotoGP 2020 lebih seru dan menyajikan pertarungan sengit yang enak untuk disimak. Dominasi Marc Marquez sulit untuk diabaikan di balik perubahan tersebut.

Perubahan terjadi dari sisi teknis aturan main, jadwal hingga komposisi pembalap yang akan bertarung. Simak yuk…

#1 Satu Menjadi Dua

Ini tentang sanksi bagi pembalap saat membalap tanpa bertanggung jawab. Ya, sanksi di lintasan saat balapan. Musim lalu sanksi yang harus dilakoni pembalap curang tersebut dengan sekali menjalani long lap penalty. Mulai tahun ini, Marquez dkk. akan mendapatkan sanksi long lap penalty sebanyak dua kali untuk setiap pelanggaran yang mereka buat.

Jika sekali long lap penalty membuat pembalap melambat 3-5 detik, maka musim ini mereka akan mendapatkannya dua kali lipat. Bikin jera? Kita lihat saja saat sirkus jet darat roda dua itu dimulai 8 Maret mendatang.

yang baru motogp 2020

#2 Hanya Satu Kali

Kalau yang ini urusan teknis motor nih. Aerodinamika motor acapkali menjadi bahasan utama saat musim berjalan. Contoh musim lalu bagaimana Ducati dengan cerdasnya ngakali aturan ini dengan menciptakan swing arm tambahan di depan ban belakang.

Nah, untuk meminimalisir kontroversi, MotoGP 2020 hanya satu kali diperbolehkan melakukan ubahan aero body! Khusus di Philip Island, pembalap diperbolehkan melepas side pods saat ngaspal. Hal ini dilakukan dengan alasan demi keamanan pembalap, dasarnya adalah lay out lintasan yang berbeda. Wah, apakah Ducati masih bisa menemukan celah di aturan baru ini?

#3 Larangan

Mulai musim depan penggunaan knee slider dari logam diharamkan. Alasannya demi keselamatan pembalap, sebab menurut Dorna knee slider logam bisa membahayakan pembalap lain.

#4 Tambah Satu

MotoGP 2020 ketambahan satu lintasan baru. Catet ya, namanya adalah Sirkuit KymiRing. Letaknya di belahan bumi bagian utara, tepatnya di negara Finlandia. Setelah 38 tahun absen, kini mereka kembali dengan wajah baru.

Sirkuit ini memiliki trek lurus 1,2 kilometer. Tahun silam, beberapa pembalap telah terbang ke sana untuk melakukan uji coba. Hasilnya, ada yang suka, tapi tidak sedikit yang kurang menyukainya. Biasalah, namanya juga baru.

yang baru motogp 2020

#5 Geser-Geser

Masuknya KymiRing membuat MotoGP 2020 berjumlah 20 seri. Dorna menempatkan GP Finlandia di pertengahan musim. Akibatnya, ada satu seri yang digeser cukup jauh yakni Thailand.

Balapan di Sirkuit Buriram yang biasanya di mendekati akhir musim, kini menjadi seri kedua setelah seri pembuka Losail, Qatar. Rehat tengah musim yang biasanya pasca balapan Sachsenring, kini sedikit bergeser setelah seri Assen, Belanda.

#6 Tiga Yang Baru

Selain persaingan memperebutkan titel juara, perbincangan setiap musim baru adalah pembalap baru alias rookie. Nah, jika musim 2019 ada 4 rookie, maka musim ini jumlahnya tiga saja.

Kendati hanya kedatangan tiga pembalap baru, namun salah satunya sudah mampu menyedot atensi publik penikmat MotoGP. Siapa lagi kalau bukan Alex Marquez. Yes, adik sang juara bertahan Marc Marquez.

Uniknya lagi, keduanya akan saling bahu membahu di tim yang sama, Repsol Honda. Ini adalah sejarah baru kakak-adik dalam satu tim MotoGP.

yang baru motogp 2020

Dua rookie lainnya adalah Brad Binder dan Iker Lecouna. Nama pertama adalah pembalap asal Afrika Selatan yang akan membela Red Bull KTM. Sedangkan Lecuona akan membela tim satelit KTM, Red Bull KTM Tech 3 menggantikan pembalap Malaysia, Hafizh Syahrin yang balik ke Moto2.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.