Z250SL Tidak Boleh Minum Premium Atau Garansi Gugur!

image

RiderAlam.com – Kawasaki baru saja merilis motor naked seperempat liternya, Z250SL. Memiliki spesifikasi yang sama persis dengan “sang kakak” Ninja 250RR Mono, Z250 dibanderol lebih murah sejutaan. Tapi, bukan itu saja yang menarik melainkan pernyataan yang dikeluarkan pihak Kawasaki terkait penggunaan bahan bakar.

Bensinnya minimum sekelas pertamax, di bawah pertamax, garansi mesin gugur

Assistant General Manager, Marketing Division, PT Kawasaki Motor Indonesia, Yusuke Shimada (detikcom)

Heemm… harus diacungi jempol nih Kawasaki mau tegas memberikan warning terkait bahan bakar si kuda besi yang dihubungkan dengan garansi mesin. Good Job!

Langkah Kawasaki ini bisa jadi yang pertama dilakukan oleh produsen roda dua di tanah air. Sejauh ini, biasanya produsen cenderung mengalah dengan keuntungan. Mereka pada dasarnya telah menciptakan motor dengan spesifikasi bahan bakar minimal harus pertamax, namun jika kondisi tersebut tegas diterapkan maka konsumen bakal kabur, tidak akan memilih motor tersebut. Ujung-ujungnya produsen merugi sebab produknya gak laku.

Akhirnya, dibuatlah jalan tengah. Agar motor laku, maka spesifikasi mesin diakali dengan misalnya merubah titik bakar bensin sehingga premium bisa diaplikasikan. Atau yang ekstrim, produsen tidak perlu utak-atik spesifikasi motor namun tinggal mengatakan bahwa produknya “premium ready”. Kerugian jangka panjang yang dialami konsumen tidak lagi menjadi penting, toh misal diklaim mesin rusak tinggal berikan alasan lain, selesai.

So, demi menyelamatkan keuangan negara tidak saja masyarakat umum yang didorong untuk beralih ke BBM non subsidi, namun juga produsen harus memulai. Kawasaki sudah memberi contoh baik di atas. Honda, Yamaha dan Suzuki serta merk lain berani?

Baca Juga:
[display-posts tag=z250sl]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Contact me on:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +628 77 1 2727 000

Advertisements

18 Comments

  1. sipp.. pio saya 98% hidupnya minum pertamax… isi full premium baru 2x, campur sama pertamax plus baru 4 kali… dikasih premium, ga tega denger suara kasarnya disamping akselerasi lemot dan karbu cenderung kotornya lebih. pake pertamax ini, karbu memang ada endapan kotoran, tapi dilap pake jari aja langsung bersih. hehehhe

1 Trackback / Pingback

  1. Ternyata Klaim Garansi Hangus Jika Z250SL Isi Premium Adalah OMONG KOSONG! | RiderAlam.com

Comments are closed.